Mendesain Strategi-Strategi Penyampain Dan Manejemen

A.    Strategi Penyampaian

Keputusan tentang strategi penyampaian melibatkan sebuah media pembelajaran yang tepat dari instruksi dan menentukan strategi pengelompokan. Penyeleksian ini biasanya itu bisa sama atau berbeda antara pembelajaran yang satu dengan pembelajaran yang lainnya. Contoh: mereka menggunakan video tape untuk kelompok yang besar pada peristiwa-peristiwa pembelajaran melalui komputer dan kesimpulannya dengan guru dan mesin cetak yang besar (hasil print).

B.     Media Seleksi

Strategi penyampian yang paling biasa pada tingkat pembelajaran terfokus pada penggunaan media pembelajaran seperti (print, guru, computer dll) yang akan digunakan untuk menyampaikan instruksi yang dilaksanakan pada fase organisasi. Jika dimungkinkan perancang pembelajaran harus memasuki bagian ini dari proses perancangan pembelajaran tampa keputusan yang apriori mengenai media yang akan digunakan dalam media instruksi. Denga media, kita masukan peralatan fisik dimana melalui alat tersebut pembelajaran disampaikan. Seperti TV, materi hasil cetakan guru atau komputer. Para perancang lebih suka untuk menyelidiki kebutuhan dari situasi pembelajaran dan kemudian memutuskan media atau kombinasi dari media yang paling baik untuk memenuhi situasi tersebut.

Secara umum hasil keputusan tentang hasil seleksi media dibuat setelah analisis pembelajaran dan pada saat strategi pembelajaran sedang dikembangkan.

C.    Karakteristik Media

Beberapa media lebih baik dari pada yang lain dalam hal keefisienannya dalam peristiwa penyampaian informasi yang mempermudah pembelajaran untuk hasil leluhur tertentu dan pembelajaran tertentu. Kita menamakan kemampuan dari media adalah atribut media tersebut. Jadi, ketika kita sampai kepada perancangan pembelajaran dimana kita harus menyeleksi suatu media. Kita harus memperhatikan beberapa faktor:

1.    Tugas pembelajaran bersamaan dengan kondisi pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran dari tugas tersebut.
2.      Karakteristik dari si pembelajar.
3.      Kontek belajar dan hal-hal praktis lainnya yang mempengaruhi ketepatan dari sebuah media
4.      Atribut dari media yang potensial (apa dari masing-masing media potensial yang bisa dan tak bisa dilakukan berkaitan dengan factor-faktor di atas)

Kondisi-kondisi yang menyebabkan kategori yang berbeda dari pembelajaran membutuhkan bantuan dari perancang-perancang untuk menentukan atribut-atribut yang dibutuhkan dalam sebuah media yang akan menyampaikan peristiwa pembelajaran tersebut. Seleksi media pada factor ini adalah sebuah peristiwa dari mempersempit pilihanpilihan media kita sehingga hanya memasukkan yang akan menyediakan kondisi-kondisi yang dibutuhkan untuk pencapaian efisien dari kategori pembelajaran.

Seleksi media mereka berdasarkan keputusan-keputusan yang didasari pada atribut media dan hubunganya terhadap tipe-tipe pembelajaran.

D.    Karakteristik Berbagai Media 

Semenjak atribut dari media adalah salah satu dari penentu seleksi media, kita akan secara singkat menyimpulkan karakteristik media pembelajaran: computer kecil, cetakan, video interaktif, slide/film strip dan orang. Beberapa kemampuan dari media:

a. Mikro Komputer.
1.      bisa menyimpan informasi yang banyak, bisa memanipulasi informasi dengan cepat, tidak pernah melakukan kesalahan dalam memanipulasi kesalahan.
2.      mikro computer bisa menyampaikan grafik menarik, dan karakter dari grafik-grafik tersebut dapat diubah oleh si pembelajar.
3.      bisa mempercepat kainteraktifan siswa dalam tingkat yang lebih tinggi, ia bisa meminta si pembelajar memberi tanggapan dan bisa menanggapi tanggapan si pembelajaran dalam tat cara yang individualistik.
4.      bisa beadabtasi terhadap si pembelajar, bisa menyetel isi pembelajaran terhadap kebutuhan si pembelajar dan menjadi medium yang baik untuk digunakan ketika pembelajaran individu diinginkan.

b. Print 

Adalah media yang paling banyak digunakan termasuk di dalamnya grafik dan teks. Di atas kerja biasanya dilengketkan dan distriples dengan buku atau buklep. Karakteristik media print adalah:
1.      tidak mahal untuk diproduksi dan diduplikasi
2.      print tidak membutuhkan perlengkapan lain yang digunakan dan bisa dibawa-bawa
3.      karena berbentuk buku yang dilengkapi dengan page number, dan dilengkapi daftar isi dan indeks sehingga mudah di akses oleh si pembelajar.

c. Video 

Mempunyai atribut yang berbeda antara print dan computer
1.      di media visual meskipun bisa menghasilkan teks, video dapat memainkan gambar dalam gerak dan warna bersamaan dengan suara
2.      video bisa disingkat dan diperpanjang waktunya.

d. Interaktive Video 

adalah gambaran dari video tape dengan komputer pada segi positif dan menghilangkan dari segi negative.
1.      bisa menyimpan informasi di suatu waktu
2.     bisa membuat grafik dinamik
3.      bisa mengontrol mewdia yang lain. Saperti video disk dll, dan dapat menyetel vvideo tersebut dalam interaktif.
4.      bisa mengontrol media lain seperti video tape dan video disk dan menggunakan media tersebut dengan bentuk interaktif.

e. Slides and filmstrip 

meskipun slides dan filmstrip bukanlah media yang menyenangkan tetapi mereka lebih mudah tersedia dari media tersebut
1.      menyediakan gambar yang berwarna, nyata dan bagus
2.      langkah penggunaannya bisa dikontrol oleh siswa
3.      bisa memperbesar gambar

f. People 

adalah orang-orang sebagai guru yang digunakan dalam pembelajaran dengan cara-cara lain
1.      Guru mempunyai daya keefektifan yang tinggi (berdasarkan mood/keinginan orang tersebut)
2.      Manusia adalah salah satu yang mahal untuk digunakan
3.      Guru mempunyai adaptasi dan veribilitas yang tinggi
4.      Manusia tidak dapat diandalkan dalam melakukan hal yang sama berulang-ulang dengan hal yang sama
5.      Guru memiliki dan merefleksi empati. Hanya manusia yang mampu melakukan empati.

Strategi Pengelompokkan

Seleksi dari pengelompokkan dapat ditentukan pada basis subjektivitas yang tinggi kita merasa bahwa berguna untuk mengetahui pilihan-pilihan yang tersedia dan untuk mengetahui alasan-alasan yang boleh terlibat dalam menyeleksi suatu pilihan dari yang lainnya.

Tipe-tipe pengelompokkan

Empat pola pengelompokkan dasar yang merefleksikan variasi-variasi di dalam pratek dan untuk membedakan alternative pola interaksi. Primer yang disediakan oleh kelompok-kelompok yang berbeda: kelompok yang terdiri dari dua orang (tutor); Small Group (kelompok kecil); kelompok kecil/besar; group besar dan sangat besar ditambah yang kelima individual (adaptif)
1.   Pembelajaran individual adalah pelajar sendiri yang materi pembelajaran. Cirinya: instruksi harus beradaptasi terhadap sifat si pembelajar.
2.   Siswa dapat belajar sendiri tanpa bantuan guru
Dalam instruksi pembelajaran individualisasi disediakan untuk:
  1. Kapan dan apa yang akan dipelajari
  2. Bagaimana pembelajaran akan dilaksanakan

Pembelajaran dengan Grup

Pemberian masukan materi dari guru, sistem modifikasi guru atau umpan balik, system satu arah dan dua arah adalah semua label untuk teknik pembelajaran tradisional yang dilaksanakan oleh Romiskow.

0 Response to "Mendesain Strategi-Strategi Penyampain Dan Manejemen"

Post a Comment