Jaringan dan organ pada hewan

Organisme yang ada dialam ini ada yang bersiafat uniselluler dan ada yang bersifat  multiseluler. Dilihat dari segi jumlah sel, hewan dapat dibagi menjadi Protozoa (hewan bersel satu) dan Metazoa (hewan bersel banyak). Pada hewan bersel banyak (termasuk manusia), kumpulan sel-sel yag memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan, jaringan jaringan yang berbeda akan bergabung membentuk organ tubuh, organ-organ tubuh akan bergabung membentuk sistem organ tubuh, sistem organ tubuh akhirnya akan bergabung membentuk organisme (hewan). Dari penjelasan diatas dapat dibuatkan skema tentang perkembangan sel sampai organisme.

SEL —>JARINGAN—>ORGAN —>SISTEM ORGAN —>ORGANISME

Dalam tubuh hewan  terdapat berbagai macam jaringan, type jaringan utama yang terdapat pada hewan adalah jaringan embrional, jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat dan jaringan syaraf. Sedangkan pada tumbuhan akan terdapat jaringan meristem dan jaringan dewasa. Jaringan dewasa dibagi menjadi jaringan epidermis, jaringan penunjang dan jaringan pengangkut. 

Sel dan Jaringan Hewan

Tubuh hewam multiselluler dibangun ole jaringan-jaringan sebagai berikut ::


1.   Jaringan Embrional (Embryonic Tissue)

Jaringan embrional adalah jaringan muda yang sel – selnya selalu membelah dan merupakan hasil pembelahan sel zigot. Jaringan ini akan mengalami spesialisasi, artinya akan mengalami perubahan menjadi bermacam – macam bentuk maupun fungsinya. Spesialisasi dari jaringan ini akan menghasilkan lapisan jaringan embrional. Berdasarkan atas lapisan jaringan embrionalnya maka hewan dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu hewan diploblastik dan hewan triploblastik. Hewan diploblatik adalah hewan yang embrionya terdiri atas dua lapis sedangkan hewan triploblastik adalah hewan yang embrionya terdiri atas tiga lapis. Contoh hewan diploblastik adalah Coelenterata sedangkan contoh hewan triploblastik adalah Annelida, Molusca, Artrophoda, dan Chordata.

2.      Jaringan Epitel (Epithelial Tissue)

Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi atau menutupi permukaan tubuh, rongga tubuh, organ tubuh atau permukaan saluran tubuh. Jaringan epitel ini biasanya terdapat pada rongga saluran pencernaan, saluran pernafasan dan saluran reproduksi.  Epitel yang melapisi permukaan dalam tubuh disebut endotelium. Jaringan ini umumnya digolongkan berdasarkan bentuk sel di lapisan atas atau luarnya, susunan selnya dan jumlah lapisan selnya serta fungsinya. Jaringan epitel dibangun dari sel – sel ketiga lapisan lembaga (ektoderm, mesoderm dan endoderm).

3.   Jaringan Otot (Muscle Tissue)

Jaringan otot merupakan kumpulan sel – sel otot yang tugasnya untuk menggerakkan berbagai bagian tubuh. Jaringan otot mempunyai kemampuan untuk menggerakkan berbagai bagian tubuh karena mempunyai kemampuan untuk berkontraksi.

4.   Jaringan Penyambung/Penguat

Jaringan penyambung sering juga disebut dengan jaringan penguat atau penyokong yang dapat berfungsi untuk menyokong tubuh, membentuk suatu selubung  sebagai perlindungan disekiling organ-organ yang lemah, dan juga dapat mempersatukan jaringan-jaringan menjadi organ dan berbagai organ dalam membentuk sistem organ.

0 Response to "Jaringan dan organ pada hewan"

Post a Comment