A. Strategi Penyampaian
Keputusan tentang
strategi penyampaian melibatkan sebuah media pembelajaran yang tepat dari
instruksi dan menentukan strategi pengelompokan. Penyeleksian ini biasanya itu
bisa sama atau berbeda antara pembelajaran yang satu dengan pembelajaran yang
lainnya. Contoh: mereka menggunakan video tape untuk kelompok yang besar pada
peristiwa-peristiwa pembelajaran melalui komputer dan kesimpulannya dengan guru
dan mesin cetak yang besar (hasil print).
B. Media Seleksi
Strategi penyampian yang
paling biasa pada tingkat pembelajaran terfokus pada penggunaan media
pembelajaran seperti (print, guru, computer dll) yang akan digunakan untuk
menyampaikan instruksi yang dilaksanakan pada fase organisasi. Jika
dimungkinkan perancang pembelajaran harus memasuki bagian ini dari proses
perancangan pembelajaran tampa keputusan yang apriori mengenai media yang akan
digunakan dalam media instruksi. Denga media, kita masukan peralatan fisik
dimana melalui alat tersebut pembelajaran disampaikan. Seperti TV, materi hasil
cetakan guru atau komputer. Para perancang lebih suka untuk menyelidiki
kebutuhan dari situasi pembelajaran dan kemudian memutuskan media atau
kombinasi dari media yang paling baik untuk memenuhi situasi tersebut.
Secara umum hasil
keputusan tentang hasil seleksi media dibuat setelah analisis pembelajaran dan
pada saat strategi pembelajaran sedang dikembangkan.
C. Karakteristik Media
Beberapa media lebih
baik dari pada yang lain dalam hal keefisienannya dalam peristiwa penyampaian
informasi yang mempermudah pembelajaran untuk hasil leluhur tertentu dan
pembelajaran tertentu. Kita menamakan kemampuan dari media adalah atribut media
tersebut. Jadi, ketika kita sampai kepada perancangan pembelajaran dimana kita
harus menyeleksi suatu media. Kita harus memperhatikan beberapa faktor:
1. Tugas pembelajaran bersamaan dengan
kondisi pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran dari tugas tersebut.
2.
Karakteristik dari si pembelajar.
3.
Kontek belajar dan hal-hal praktis lainnya
yang mempengaruhi ketepatan dari sebuah media
4.
Atribut dari media yang potensial (apa
dari masing-masing media potensial yang bisa dan tak bisa dilakukan berkaitan
dengan factor-faktor di atas)
Kondisi-kondisi yang
menyebabkan kategori yang berbeda dari pembelajaran membutuhkan bantuan dari
perancang-perancang untuk menentukan atribut-atribut yang dibutuhkan dalam
sebuah media yang akan menyampaikan peristiwa pembelajaran tersebut. Seleksi
media pada factor ini adalah sebuah peristiwa dari mempersempit pilihanpilihan
media kita sehingga hanya memasukkan yang akan menyediakan kondisi-kondisi yang
dibutuhkan untuk pencapaian efisien dari kategori pembelajaran.
Seleksi media mereka
berdasarkan keputusan-keputusan yang didasari pada atribut media dan hubunganya
terhadap tipe-tipe pembelajaran.
D. Karakteristik Berbagai Media
Semenjak atribut dari
media adalah salah satu dari penentu seleksi media, kita akan secara singkat
menyimpulkan karakteristik media pembelajaran: computer kecil, cetakan, video
interaktif, slide/film strip dan orang. Beberapa kemampuan dari media:
a. Mikro Komputer.
.
1. bisa menyimpan informasi yang banyak, bisa
memanipulasi informasi dengan cepat, tidak pernah melakukan kesalahan dalam
memanipulasi kesalahan.
2. mikro computer bisa menyampaikan grafik
menarik, dan karakter dari grafik-grafik tersebut dapat diubah oleh si
pembelajar.
3. bisa mempercepat kainteraktifan siswa
dalam tingkat yang lebih tinggi, ia bisa meminta si pembelajar memberi
tanggapan dan bisa menanggapi tanggapan si pembelajaran dalam tat cara yang
individualistik.
4.
bisa beadabtasi terhadap si pembelajar,
bisa menyetel isi pembelajaran terhadap kebutuhan si pembelajar dan menjadi
medium yang baik untuk digunakan ketika pembelajaran individu diinginkan.
b. Print
Adalah media yang paling
banyak digunakan termasuk di dalamnya grafik dan teks. Di atas kerja biasanya
dilengketkan dan distriples dengan buku atau buklep. Karakteristik media print
adalah:
1.
tidak mahal untuk diproduksi dan
diduplikasi
2.
print tidak membutuhkan perlengkapan lain
yang digunakan dan bisa dibawa-bawa
3.
karena berbentuk buku yang dilengkapi
dengan page number, dan dilengkapi daftar isi dan indeks sehingga mudah di
akses oleh si pembelajar.
c. Video
Mempunyai atribut yang
berbeda antara print dan computer
1. di media visual meskipun bisa menghasilkan
teks, video dapat memainkan gambar dalam gerak dan warna bersamaan dengan suara
2.
video bisa disingkat dan diperpanjang
waktunya.
d. Interaktive Video
adalah gambaran dari
video tape dengan komputer pada segi positif dan menghilangkan dari segi
negative.
1.
bisa
menyimpan informasi di suatu waktu
2.
bisa membuat grafik dinamik
3. bisa mengontrol mewdia yang lain. Saperti
video disk dll, dan dapat menyetel vvideo tersebut dalam interaktif.
4. bisa mengontrol media lain seperti video
tape dan video disk dan menggunakan media tersebut dengan bentuk interaktif.
e. Slides and filmstrip
meskipun slides dan
filmstrip bukanlah media yang menyenangkan tetapi mereka lebih mudah tersedia
dari media tersebut
1.
menyediakan
gambar yang berwarna, nyata dan bagus
2.
langkah
penggunaannya bisa dikontrol oleh siswa
3.
bisa memperbesar gambar
f. People
adalah orang-orang
sebagai guru yang digunakan dalam pembelajaran dengan cara-cara lain
1.
Guru mempunyai daya keefektifan yang
tinggi (berdasarkan mood/keinginan orang tersebut)
2.
Manusia adalah salah satu yang mahal untuk
digunakan
3.
Guru mempunyai adaptasi dan veribilitas
yang tinggi
4.
Manusia tidak dapat diandalkan dalam
melakukan hal yang sama berulang-ulang dengan hal yang sama
5.
Guru
memiliki dan merefleksi empati. Hanya
manusia yang mampu melakukan empati.
Strategi Pengelompokkan
Seleksi dari
pengelompokkan dapat ditentukan pada basis subjektivitas yang tinggi kita merasa
bahwa berguna untuk mengetahui pilihan-pilihan yang tersedia dan untuk
mengetahui alasan-alasan yang boleh terlibat dalam menyeleksi suatu pilihan
dari yang lainnya.
Tipe-tipe pengelompokkan
Empat pola
pengelompokkan dasar yang merefleksikan variasi-variasi di dalam pratek dan
untuk membedakan alternative pola interaksi. Primer yang disediakan oleh
kelompok-kelompok yang berbeda: kelompok yang terdiri dari dua orang (tutor);
Small Group (kelompok kecil); kelompok kecil/besar; group besar dan sangat
besar ditambah yang kelima individual (adaptif)
1. Pembelajaran
individual adalah pelajar sendiri yang materi pembelajaran. Cirinya: instruksi
harus beradaptasi terhadap sifat si pembelajar.
2. Siswa
dapat belajar sendiri tanpa bantuan guru
Dalam instruksi pembelajaran individualisasi disediakan untuk:
- Kapan dan apa yang akan dipelajari
- Bagaimana
pembelajaran akan dilaksanakan
Pembelajaran dengan Grup
Pemberian masukan materi
dari guru, sistem modifikasi guru atau umpan balik, system satu arah dan dua
arah adalah semua label untuk teknik pembelajaran tradisional yang dilaksanakan
oleh Romiskow.
0 Response to "Mendesain Strategi-Strategi Penyampain Dan Manejemen"
Post a Comment