Mempelajari Tingginya Cadangan Karbon Di Hutan



Mempelajari Tingginya Cadangan Karbon Di Hutan

Untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca, melakukan kebijakan untuk tidak mendeferostasikan kebun kelapa sawit. Hal ini dilakukan untuk tidak mengembangkan kebun kelapa sawit dan area gambut yang daerahnya memiliki nilai konservasi tinggi (NKT) dan memiliki stok karbon yang tinggi.

Penghitugan biomasa dan stok karbon berguna untuk mengurangi emisi, deforestasi dan degradasi hutan. Salah satu metode yang berkembang adalah dengan cara menghitung kepadatan kayu, diameter batang dan tinggi batang. Metodologi yang digunakan untuk menghitung stok karbon berupa metode sampling (purposive, random dan sistematik sampling) dan metode plot. 

Mengingat sifat terdekradasi dari bekas area penebangan liar, ditemukannya ketidak rataan tumbuhan dan isolasi yang berbeda. Untuk memastikan tinggi stok karbon di hutan dan memperbaiki hutan, dapat mengikuti prinsip pengembangan dan panduan tentang analisis stok karbon. Prinsip utama adalah (1) memaksimalkan keseluruahan hutan (2) memaksimalkan wilayah inti dari hutan. Berdasarkan prinsip-prinsip ini, merupakan landasan untuk perencanaan konservasi dan pengembangan area hutan yang tinggi stok karbon. 

Temuan penelitian menunjukan bahwa tutupan vegetasi dapat digunakan untuk memperkirakan cadangan karbon, tutupan vegetasi dapat dikelompokkan ke dalam kelas yang berbeda dan untuk mewakili luas cadangan karbon yang berbeda,

Di beberapa tempat yang berbeda dari tutupan vegetasi terdapat perbedaan yang signifikan dalam stok karbon.

0 Response to "Mempelajari Tingginya Cadangan Karbon Di Hutan"

Post a Comment